Bersama Tim Fasilitasi Bappeda Provinsi NTB, Bappeda Kota Bima Laksanakan Konsultasi Ranwal RPJPD Kota Bima Tahun 2025-2045

-Kota Mataram, 4 Maret 2024-

Bappeda Kota Bima melaksanakan konsultasi rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Bima Tahun 2025-2045 dengan Tim Fasilitasi Bappeda Provinsi NTB pada Senin, 4 Maret 2024 yang bertempat di ruang rapat Geopark Bappeda Provinsi NTB, untuk membahas Rancangan Awal RPJPD Kota Bima tahun 2025-2045.

Pemerintah Daerah Provinsi NTB melalui Bappeda Provinsi NTB bertindak sebagai fasilitator. Fasilitasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Provinsi NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan agar Kota Bima dapat menyamakan substansi antara dokumen perencanaan pembangunan nasional dan daerah agar tercapai sinergi pembangunan dalam mencapai tujuan nasional. Dengan adanya penyelarasan  ini diharapkan dapat menciptakan integrasi, keselarasan, konsistensi dan sinergi serta menjamin sinkronisasi kebijakan dalam RPJPD dengan RPJPN. Beliau juga berharap agar seluruh peserta memberikan masukan terkait permasalahan, isu strategis, visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok dalam Rancangan Awal RPJPD Kota Bima Tahun 2025-2045, serta untuk memastikan keselarasan antara RPJPD Kota Bima dengan RPJPD Provinsi NTB dan RPJP Nasional, termasuk penyesuaian terhadap 5 sasaran Visi, 8 Misi Pembangunan, 17 Arah Pembangunan, dan 45 Indikator Utama Pembangunan.

Rancangan Awal RPJPD Kota Bima disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD) Bappeda Kota Bima, Ahmad Suryansyah, SE.,M.AP. Presentasi singkat mengenai isi rancangan awal tersebut kemudian diikuti dengan sesi diskusi dan masukan dari Tim Bappeda Provinsi NTB, mencakup berbagai aspek , mulai dari prioritas dan arah pembangunan hingga strategi implementasi yang lebih efektif. Konsultasi ini merupakan langkah awal yang penting dalam menyusun visi yang kuat dan terarah untuk masa depan Kota Bima.

Langkah selanjutnya adalah menyempurnakan Rancangan Awal RPJPD Kota Bima berdasarkan masukan yang diterima. Dengan kerjasama dan komitmen yang kuat dari semua pihak terkait, diharapkan RPJPD Kota Bima  tahun 2025-2045 dapat menjadi landasan yang kokoh untuk pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

(PPID BAPPEDA)